Stand Dinas Perikanan KSB Ramai Pengunjung Selama Pameran Pembangunan

Sumbawa Barat -- Stand Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi pusat perhatian selama Pameran Pembangunan KSB Berkelanjutan Tahun 2024. Hal ini terlihat dari antusiasme pengunjung yang membludak.

"Sepanjang pameran, 10 buku tamu terisi penuh, menandakan total pengunjung stand kami tembus 2.240 orang," ujar Burhan Daeng Mangango, Sekretaris Dinas Perikanan KSB, saat ditemui di lokasi pameran, Jumat (13/09/2024).

"Stand kami memang ramai, bahkan saat stand lain sepi pengunjung. Ini menunjukkan minat masyarakat KSB terhadap sektor perikanan sangat tinggi," tambah Burhan.

Keberhasilan stand Dinas Perikanan menarik perhatian pengunjung tak lepas dari serangkaian kegiatan menarik yang disajikan. Mulai dari lomba mancing ikan gratis, demo masak produk perikanan, bagi minuman jus rumput laut, bagi bibit ikan, pentas lagu gemarikan, kuis berhadiah dengan IT, bagi pentol ikan bakar gratis, hingga gelar produk olahan perikanan konsumsi dan non konsumsi.

"Kami juga menghadirkan bazar Poklahsar (Kelompok Pengolah dan Pemasar) Hasil Perikanan, menyediakan spot foto suasana pantai, serta membagikan leaflet/informasi terkait perikanan," jelas Burhan.

Leaflet yang dibagikan meliputi berbagai topik, seperti budidaya perikanan, mulai dari pengendalian hama dan penyakit ikan, teknik budidaya ikan lele, pestisida nabati untuk penyakit ikan, penerapan SNI CBIB, hingga cara pembuatan bokasi sebagai media budidaya belut. Tak ketinggalan, leaflet pengolahan hasil perikanan, seperti pembuatan jus rumput laut, juga dibagikan.

"Kami berharap dengan berbagai kegiatan ini, masyarakat semakin memahami dan tertarik untuk terlibat dalam sektor perikanan di KSB," harap Burhan.

Dinas Perikanan KSB optimistis akan terus meningkatkan program dan kegiatan yang menarik minat masyarakat di tahun depan. "Semoga tahun depan kami bisa menyajikan yang lebih menarik dan menyenangkan," tutup Burhan seraya mengatakan Selamat Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Barat ke-21!. (An).